Bengkel Kaki-Kaki Mobil

Tujuan mencari bengkel mobil terdekat tentunya agar dapat menghemat waktu dalam melakukan perbaikan atau servis kendaraan. Kaki-kaki mobil merupakan komponen yang perlu diperhatikan secara lebih seksama karena rawan mengalami kerusakan. Terlebih bagi pemilik mobil yang kerap melintasi jalanan yang rusak, seperti berlubang.

Bagian kaki-kaki mobil tidak boleh dianggap sepele oleh pemilik kendaraan. Mulai dari suspensi, tie rod end, long tie rod, shock absorber, velg, hingga ban atau roda harus mendapatkan perhatian secara khusus.

Bagian ban merupakan salah satu komponen penting yang berfungsi sebagai penghubung antara kendaraan dengan permukaan jalan. Beberapa cara untuk menjaga kondisi kaki-kaki mobil tetap prima adalah dengan melakukan balancing dan spooring.

Spooring bertujuan untuk meluruskan sudut-sudut geometri pada roda mobil. Dengan begitu, roda akan kembali selaras dengan kemudi sesuai standar pabrikan. Sementara, balancing bertujuan untuk mengembalikan putaran roda agar lebih stabil. Umumnya, dilakukan dengan menambahkan timah pemberat yang ditempel pada velg.

Mengenal Fungsi Kaki-Kaki Mobil

Fungsinya yang sangat penting membuat komponen kaki-kaki mobil harus diperhatikan dan diservis secara rutin. Namun, sebelum memilih bengkel kaki-kaki mobil yang terdekat, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

Sebab, kaki-kaki mobil bukanlah satu jenis komponen atau onderdil, melainkan serangkaian komponen mesin yang berfungsi sebagai penyangga body mobil secara keseluruhan. Oleh sebab itu, pemeriksaan kondisi komponen ini penting untuk dilakukan secara rutin di bengkel yang berpengalaman.

Agar Anda tidak keliru memilih bengkel spesialis kaki-kaki mobil terdekat, Anda harus mengenali dahulu komponen apa saja yang tergolong kaki-kaki mobil tersebut, yaitu:

– Ban mobil: Berfungsi menyangga body sekaligus memastikan mobil dapat melaju dengan baik dan seimbang.

– Suspensi: Komponen bagian bawah mobil, tepatnya berada di atas empat roda. Suspensi berfungsi meredam kejutan saat mobil melaju.

– Tie rod: Berfungsi sebagai penghubung antara kaki roda dengan kemudi agar dapat dibelokan ke kiri dan ke kanan.

– Bushing: Karet khusus yang ditempatkan pada bagian atas ban untuk meredam kejutan sehingga suspensi.l berfungsi maksimal.

– Bearing atau bantalan roda: Berfungsi meredam gesekan pada sumbu putar di dalam ban mobil.

– Ball joint: Berfungsi memudahkan suspensi bergerak.

Setelah mengetahui komponen kaki-kaki mobil dan fungsinya yang sangat vital, maka jangan abaikan untuk melakukan servis kaki-kaki mobil secara rutin. Hal ini bertujuan agar mobil dapat dikendarai dengan nyaman.

Vitalnya fungsi komponen tersebut membuat Anda harus lebih teliti dalam memilih bengkel khusus perbaikan kaki-kaki mobil terdekat agar tidak kecewa di kemudian hari. Di bawah ini beberapa tips yang perlu Anda lakukan dalam memilih bengkel tersebut:

Pilih Bengkel yang Berpengalaman

Perbaikan dan perawatan komponen kaki-kaki mobil akan maksimal apabila Anda memilih bengkel yang berpengalaman. Maka, jangan asal memilih bengkel mobil.

Pastikan bengkel tersebut sudah kaya pengalaman. Ketahui juga pengerjaannya dilakukan oleh mekanik handal dan berpengalaman pula.

Pastikan Dilayani dengan Baik

Kenyamanan dalam pelayanan tetap perlu menjadi prioritas saat mempercayakan mobil kesayangan pada jasa bengkel. Oleh sebab itu, perlunya memperhatikan kualitas layanan bengkel. Ramah dan komunikatif dibutuhkan agar tidak asal mengganti komponen dan menelan biaya tinggi.

Cek Testimoni Maupun Reputasinya

Memilih bengkel kaki-kaki mobil sebaiknya mencari yang sudah terbukti profesionalitasnya. Anda bisa mengecek testimoni pelanggan bengkel tersebut untuk memastikan hasil kerja dan layanannya.

Sesuaikan dengan Anggaran dan Kebutuhan

Membahas tentang perawatan mobil, termasuk bagian kaki-kaki mobil tentu tidak akan lepas dari masalah biaya. Maka, pastikan Anda memilih bengkel yang menawarkan tarif jasa yang sesuai dengan budget Anda.

Sebab, tarif bengkel yang tinggi tak selalu menjadi jaminan kualitas yang baik. Maka, tak ada salahnya Anda mencari yang lebih ekonomis. Tak hanya ramah kantong, kualitas kerja juga harus memuaskan.

Namun, Anda jangan pula mudah tergiur dengan tarif yang murah. Poin utama yang terpenting tetap kualitas dari hasil kerjanya.

Demikianlah hal-hal yang perlu Anda perhatikan sebelum melakukan servis kaki-kaki mobil di bengkel terdekat. Anda juga bisa meminta rekomendasi dari orang lain mengenai bengkel terdekat yang memiliki kinerja terbaik untuk komponen kaki-kaki mobil Anda.