erlengkapan Tidur Bayi

Untuk para calon ibu, menanti kelahiran buah hati adalah hal yang ditunggu-tunggu. Sembari menanti kelahiran anak, sebaiknya kalian harus mempersiapkan perlengkapan-perlengkapan yang diperlukan. Salah satunya adalah perlengkapan tidur bayi. Sayangnya, masih banyak yang bingung apa saja yang diperlukan untuk kebutuhan tidur sang buah hari. Untuk itu, di sini kita akan membahasnya lebih mendalam.

Perlengkapan Tidur Bayi yang Harus Dibeli

Ada beberapa peralatan tidur bayi yang harus dipersiapkan untuk menyambut sang buah hati. Berikut beberapa diantaranya:

  1. Kasur Bayi

Ya, kasur bayi termasuk perlengkapan yang pertama kali harus disiapkan. Kasur khusus bayi akan membuat sang buah hati tidur dengan aman dan nyaman. Ada banyak sekali model kasur bayi yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan. Kasur bayi biasanya bisa dibawa atau dipindah dari satu ruangan ke ruangan lain. Jadi, kalian bisa meletakkannya di ruang tamu, ruang keluarga, dll. Saat malam, kasur bayi bisa diletakkan di atas kasur utama. Selain praktis, kasur bayi juga umumnya tak terlalu mahal. Untuk itu, kalian harus membelikan kasur bayi untuk sang buah hati yang baru lahir.

  1. Perlak / Alas Ompol

Tak heran, bayi yang masih kecil sangat sering ngompol karena memang sering sekali minum ASI. Bayi yang masih kecil juga biasanya belum dipakaikan pampers. Agar tidak terjadi ruam, biasanya orang tua lebih memilih memakaikan popok. Di sini, kalian butuh perlak atau alas ompol. Perlak berfungsi agar ompol bayi tidak tembus ke kasur. Perlak biasanya berukuran kecil namun ada juga yang berukuran besar. Tapi, perlak bersifat panas sehingga perlu dilapisi kain agar bayi tetap nyaman dan hangat tanpa kepanasan. Jika tidak dilapisi kain, kulit bayi yang masih tipis dan sensitif bisa terkena masalah karena sifat perlak yang panas.

  1. Selimut

Bayi sangat rentan kedinginan. Untuk itu, salah satu perlengkapan tidur bayi yang harus dipersiapkan adalah selimut. Tentu saja, di sini yang kita maksud adalah selimut bayi. Pastikan bayi diberikan selimut saat tidur, khususnya di waktu malam. Selimut bayi bisa terbuat dari berbagai macam bahan. Sebaiknya, hindari bahan bulu yang bisa menyebabkan alergi. Kadang, selimut saja tidak cukup. Agar bayi tetap terjaga kehangatannya, bedong juga dibutuhkan.

  1. Kelambu

Sering kali, nyamuk datang menggigit terutama pada kulit yang masih tipis seperti bayi. Gigitan nyamuk bisa membekas hingga berhari-hari karena kulit bayi yang masih sangat tipis. Belum lagi jika yang menggigit adalah nyamuk demam berdarah yang tentu saja sangat berbahaya. Untuk menghidari itu semua, diperlukan kelambu. Kelambu juga termasuk salah satu perlengkapan bayi yang harus dimiliki. Ada kelambu besar, kelambu khusus bayi, kelambu lipat, dll. Kalian bisa memilih yang kalian inginkan selama bisa melindungi bayi dari gigitan nyamuk atau serangga lain.

  1. Pakaian Bayi

Semua perlengkapan di atas belum lengkap jika belum ada pakaian bayi. Pakaian bayi yang digunakan untuk tidur ada bermacam-macam modelnya. Misalnya adalah piyama baju lengan panjang & celana panjang serta piyama tutup kaki atau yang biasa disebut dengan sleepsuit. Untuk memberi kehangatan lebih, sebaiknya pasangkan juga kaos tangan dan kaos kaki.

Itulah perlengkapan tidur bayi yang wajib dipersiakan oleh para orang tua. Dengan perlengkapan-perlengkapan di atas, sang buah hati bisa tidur dengan aman, nyenyak dan nyaman setiap hari. Orang tua pun bisa istirahat dengan tenang.