Apa itu Turnbuckle dan Jenis-jenis yang Perlu Diketahui

Alat bernama turnbuckle mungkin masih terdengar asing bagi sebagian besar orang. Padahal alat yang satu ini pun juga mempunyai fungsi yang cukup penting. Alat yang satu ini sendiri biasa disebuat dengan jarum keras dalam bahasa Indonesia. Tetapi tidak sedikit dari masyarakat yang menyebutkan dengan spanskrup.

Apa itu turnbuckle

Turnbuckle merupakan alat yang biasanya digunakan untuk mengatur ketegangan sling. Sling yang ada disini merupakan wire rope sling, cain sling, rope sling hingga alat lainnya dimana membutuhkan pengaturan ketegangan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, di Indonesia alat ini pun dikenal dengan berbagai sebutan seperti jarum keras.

Karena fungsinya yang cukup penting itulah, anda bisa menemukan dengan mudah tempat jual turnbuckle terutama di kota-kota besar. Desain dari alat ini dilengkapi dengan 2 mata di kanan maupun dikiri. Yang mana mempunyai fungsi guna mengaitkan benda satu dengan yang lainnya dimana akan diatur ketegangannya.

Jenis-jenis turnbuckle

Sebelum anda mencari harga turnbuckle, maka anda juga wajib mengetahui apa saja jenis-jenis mata yang terdapat pada alat yang satu ini agar anda bisa memahami apa yang anda butuhkan.

  1. Eye

Jenis yang pertama adalah mata atau eye. Dimana kegunaan dari alat ini adalah untuk diaplikasikan dengan lubang kait non permanen. Sebagai contohnya adalah shackle.

  1. Hook

Jenis yang berikutnya adalah hook dan kegunaan dari jenis yang satu ini adalah untuk aplikasi dimana mempunyai lubang kait permanen contohnya adalah shackle dan mata wire rope.

  1. Jaw

Berikutnya adalah jaw dimana mempunyai kegunaan sama dengan jenis mata hook. Tetapi yang membedakannya adalah jenis mata jaw mempunyai pengunci yang bisa membuatnya lebih aman karena memungkinkan alat tersebut tidak akan terlepas dari kaitannya.

Cara menggunakan turnbuckle yang tepat

Walaupun harga turnbuckle ini berbeda-beda, tetapi cara penggunaan dari alat yang satu ini pun ternyata juga hampir sama dengan yang lainnya. Berikut ini penggunaan dari alat ini.

  1. Anda bisa menggunakan jarum keras yang sesuai dengan fungsinya yakni untuk disambungkan pada wire.
  2. Hindari menggunakan alat ini apabila sudah melebihi nilai working. Nilai working ini bisa anda lihat pada table working load limit pada catalog.
  3. Lengkapi dengan lock nuts jika anda menggunakan alat yang satu ini untuk aplikasi yang mempunyai banyak getaran.
  4. Perlu anda ketahui apabila jenis alat dengan tipe jaw ends mempunyai hardware yang berbeda sendiri dan tergantung pada ukurannya.
  5. Hindari menggunakan alat ini untuk mengangkat barang-barang.

Demikian beberapa ulasan mengenai alat yang digunakan untuk mengatur ketegangan ini. Buat anda yang ingin mendapatkan alat ini, pastikan anda selektif didalam memilih tempat jual turnbuckle ini. pastikan anda memilih penjual berpengalaman.