Apakah Investasi Jual Beli Emas Putih Menguntungkan

Harga emas hari ini yaitu harga beli Rp 847.231 dan harga jual Rp 806.103 membuat banyak orang yang beramai-ramai membeli emas baik itu dalam bentuk perhiasan ataupun emas batangan. Namun apabila bertujuan untuk melakukan investasi, maka lebih baik membeli emas putih atau emas kuning batangan.

Banyak orang yang menyukai investasi emas dalam bentuk perhiasan karena bisa sekaligus digunakan sebagai perhiasan dan apabila jika membutuhkan dana bisa dijual kembali seawktu-waktu. Hanya saja, bentuk investasi dengan menggunakan perhiasan emas tidak terlalu tepat.

Hal ini dikarenakan inflasi yang menjadi faktor penentu nilai harga jual emas dan juga biaya proses untuk menjadikan perhiasan sebagai investasi tidak dapat memberikan imbal balik secara maksimal sehingga harga jual yang didapatkan terlihat tidak terlalu menguntungkan.

Misalnya apabila anda membeli perhiasan emas baik itu cincin, kalung, gelang, ataupun anting-anting dan disimpan dalam jangka waktu 5 hingga 10 tahun kemudian setelah itu dijual kembali dengan tujuan untuk menggunakan dana tersebut untuk memenuhi kebutuhan.

Tentu saja nilai harga jual emas perhiasan tersebut memang lebih tinggi namun apabila melihat nilai inflasinya maka sebenarnya harganya sebanding atau setara dengan pada saat membeli emas tersebut. Maka dari itu meskipun emas perhiasan memang dapat dijadikan sebagai aset untuk pelindung nilai kekayaan namun tidak disarankan untuk dijadikan sebagai aset investasi.

Potensi Investasi Jual Beli Emas Putih

Emas yang paling sering dijadikan sebagai aset investasi yaitu emas kuning dalam bentuk batangan dan logam mulia. Beberapa orang juga menjadikan emas putih sebagai aset investasi. Emas putih merupakan campuran dari emas kuning dan beberapa emas logam berwarna putih seperti perak dan platinum agar warnanya lebih putih yang kemudian dibuat menjadi perhiasan.

Maka dari itu emas putih tidak terlalu disarankan untuk dijadikan sebagai aset investasi dikarenakan harga jual emas putih pada saat menjualnya kembali akan jatuh dibandingkan harga belinya. Apalagi jika emas putih dilapisi rodium yang bertujuan untuk membuat perhiasan tampak berkilau yang mana membutuhkan perawatan khusus dan berkala agar tetap menjaga kilaunya. Namun harganya bisa menurun apabila kilau emas putih memudar dan terlihat kusam.

Jadi apabila anda ingin membeli emas dengan tujuan utama yaitu sebagai investasi yang bisa memberikan keuntungan di kemudian hari, maka lebih baik itu membeli emas batangan karena merupakan logam mulia murni yang belum ada campuran apapun seperti pada perhiasan emas baik itu emas kuning maupun emas putih.

Apabila ingin membeli emas batangan sebagai aset investasi, anda bisa membelinya secara online di Sehatigold. Anda bahkan bisa membeli emas mulai dari 0.01 gram sehingga bisa mengumpulkannya perlahan-lahan hingga bisa ditukarkan menjadi emas batangan. Sehatigold juga memberikan jaminan kemananan jual beli emas sehingga anda tidak perlu khawatir.