Bingung MPASI Pertama Bayi 6 bulan, Coba 5 Pilihan Menu Ini!

MPASI merupakan menu yang bisa mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi lebih optimal. Pasalnya, bayi yang sudah menginjak usia 6 bulan mulai memiliki saluran pencernaan yang semakin berkembang. Guna mendukung perkembangan lebih optimal, bayi butuh asupan nutrisi lebih tinggi seperti zat besi. Untuk Anda yang ingin memastikan perkembangan anak usia 6 bulan lebih optimal, pastikan memilih rekomendasi menu MPASI sehat.

Menu MPASI yang disukai buah hati

Buat Anda yang hendak memberikan MPASI awal pada bayi 6 bulan, bisa memilih rekomendasi menu MPASI berikut :

1. Pure pisang kurma

Anda bisa mengambil sebuah pisang dan 4 buah kurma yang diblender dengan setengah gelas air sampai halus. Kandungan serat pada buah, karbohidrat, sumber energi, dan minim lemak membuat menu MPASI cocok untuk mendukung pertumbuhan bayi Anda.

2. Pure kacang polong wortel

Perkembangan anak 6 bulan mulai menyukai tekstur rasa makanan yang diberikan. Sebaiknya orangtua memberikan menu MPASI sehat yang mengandung nutrisi tinggi, misalnya pure kacang polong wortel. Cukup kukus segenggam kacang polong dan 30 gram wortel, lalu haluskan dengan 50 ml kaldu ayam.

Berikan pure kacang polong wortel yang disukai si kecil di setiap suapannya. Kandungan protein dan mineral pada kacang polong baik untuk si kecil, sedangkan wortel mengandung vitamin A yang mendukung penglihatan anak tetap sempurna.

3. Pure buah naga

Selain alpukat, Anda juga bisa memilih pure buah naga untuk MPASI si kecil. Anda hanya perlu menghaluskan buah naga dengan perasan air jeruk baby, lalu berikan pada buah hati tercinta.

Buah naga telah terbukti memiliki nutrisi yang bisa mengembangkan kemampuan fisik dan otak anak. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C, vitamin B2, vitamin B3, kandungan mineral zat besi, magnesium, kalsium, dan kaya antioksidan.

4. Pure kacang merah

Memberikan sumber energi yang berasal dari kacang merah bisa Anda pertimbangkan, ya! Cukup rendam kacang merah yang sudah dibersihkan selama semalaman, lalu rebus dengan sampai benar-benar lunak.

Anda bisa menambahkan 50 ml kaldu sapi atau ayam pada kacang merah yang telah diblender sampai halus. Berikan menu sehat ini untuk mendukung tumbuh kembang bayi 6 bulan lebih baik lagi.

5. Pure kacang hijau

Selain kacang merah, Anda bisa memilih pure kacang hijau untuk menu MPASI pertama. Cara membuat pure kacang hijau hampir sama dengan pure kacang merah, tetapi Anda bisa menambahkan susu ASI atau susu formula untuk melumatkan kacang hijau yang sudah dihaluskan dengan blender.

Tentu masih ada menu MPASI sehat untuk bayi usia 6 bulan yang bisa Anda dapatkan dari sumber terpercaya. Perkembangan anak 6 bulan merupakan prioritas orangtua yang ingin anak tumbuh lebih optimal kemudian hari. Makanan pendukung merupakan nutrisi tambahan pelengkap ASI yang bisa memberikan energi tambahan sesuai perkembangan usia anak. Yuk, pilih menu MPASI sehat untuk buah hati tercinta Anda.