Cara Efektif Mencatat Saat Kuliah

Kampus manapun entah itu Kampus Digital di Medan maupun kampus lainnya akan selalu memiliki kegiatan mencatat yang harus dilakukan oleh seluruh mahasiswa. Mahasiswa akan mencatat materi yang akan dipelajari atau yang dibahas di dalam kelas namun terkadang banyak yang tidak tahu cara mencatat yang efektif sehingga akhirnya tertinggal. Padahal dengan mengetahui metode mencatat yang baik dapat membantu meningkatkan prestasi akademik dan non akademik.

Tips Mencatat yang Efektif

  1. Print out materi kuliah

Biasanya sebelum kelas dimulai, sebagian dosen akan memberikan materi terlebih dahulu dalam bentuk slide presentasi. Sebagai persiapan, anda bisa print out materi terlebih dahulu sehingga anda bisa memahami materi yang diberikan dan bisa memberikan pertanyaan kepada dosen saat pelajaran dimulai apabila ada yang tidak dimengerti.

  1. Membaca sumber materi dari buku atau makalah

Sebagian dosen juga sudah memberikan informasi materi yang dapat dibaca melalui buku atau jurnal yang disarankan. Ada baiknya untuk membaca materi tersebut sehingga ketika dosen menjelaskan tentang materi tersebut, anda sudah paham dan bisa mencatat poin-poin penting saja dan tidak akan ketinggalan pelajaran.

  1. Sediakan media untuk mencatat

Media di sini dapat berupa apa saja. Tidak harus berupa buku khusus untuk kuliah. Gunakan media apa saja yang menurut anda nyaman misalnya buku binder yang sering digunakan. Tulis semua poin penting atau ringkasan yang akan di catat ke dalam catatan yang tersedia sesuai dengan keinginan anda.

  1. Mencatat saat perkuliahan berlangsung

Banyak mahasiswa yang mengabaikan hal ini dan tidak mencatat apa yang dijelaskan oleh dosen. Karena hal ini mahasiswa menjadi lebih mudah lupa materi yang sudah diajarkan. Maka dari itu apapun materi yang dijelaskan, tetaplah mencatat sambil menyimak penjelasan dari dosen. Catat poin-poin penting saja namun sambil dipahami, bukan hanya asal mencatat saja.

  1. Mencatat jawaban dosen

Terkadang mahasiswa yang aktif di kelas akan memberikan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan materi yang baru saja dibahas. Meskipun bukan pertanyaan yang anda ajukan, tidak ada salahnya untuk mencatat jawaban yang diberikan oleh dosen atas pertanyaan yang diajukan oleh teman anda.

  1. Melengkapi catatan

Setelah perkuliahan selesai, segera lengkapi catatan dan jangan ditunda agar tidak sampai melupakan materi yang diajarkan. Kembangkan poin-poin penting atau ringkasan yang dicatat untuk menyempurnakan catatan kuliah anda. Kondisi ingatan yang masih segar juga memungkinkan anda untuk melengkapi catatan sambil review materi yang diberikan sehingga lebih paham tentang materinya.

  1. Tulis ulang catatan

Selain melengkapi catatan, anda juga dapat menulis ulang catatan menjadi lebih rapi dan menarik sehingga enak untuk dibaca. Jadi pada saat di kelas, anda tidak perlu mencatat dengan rapi. Catat dengan konsep apa adanya saja kemudian setelah perkuliahan selesai, anda bisa langsung mencatat ulang dan menyusunnya dengan lebih menarik dan juga rapi. Catatan yang rapi akan meningkatkan minat belajar dan membaca ulang dibandingkan catatan yang acak-acakan.

Salah satu kampus terbaik di Sumut yaitu UMA (Universitas Medan Area). Sebagai PTS terbaik di Sumut, UMA memiliki sarana dan prasarana yang memadai serta pilihan program S1, S2, dan S3. UMA bahkan sering mengadakan kegiatan akademik dan non akademik serta memberikan fasilitas biaya pendidikan seperti bebas biaya praktikum, biaya parkir, biaya pembangunan, biaya ujian semester, biaya perpustakaan, dan biaya-biaya lainnya.