Cara Membuat Daftar Isi Manual di Microsoft Word

Daftar isi merupakan komponen penting dari sebuah karya tulis yang mempunyai lebih dari satu halaman. Pembuatan daftar isi ini bisa dilakukan dengan dua cara yaitu manual dan otomatis. Meskipun cara otomatis lebih mudah dan singkat, namun cara membuat daftar isi secara manual berikut ini masih diminati. Meskipun lebih lama, cara ini tetap efektif untuk karya singkat.

  1. Mengetik Seluruh Judul Bab dan Sub Bab

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk membuat daftar isi secara manual adalah mengetik seluruh judul bab dan sub bab. Setelah selesai mengetik, periksalah kembali agar tidak ada kesalahan atau kekurangan. Pastikanlah urutannya sudah benar dan lengkap. Jangan sampai ada yang tertinggal karena semuanya demi kredibilitas karya Anda.

  1. Blok Semua Tulisan dan Masuk ke Menu Home

Langkah kedua adalah blok semua tulisan tersebut secara sempurna. Pastikan jangan sampai ada bagian tulisan yang terlewat agar prosesnya berhasil. Berikutnya adalah masuk ke menu home. Carilah group Paragraph dan klik panah kecil di bagian sudut kanan bawah. Setelah halaman Paragraph ditampilkan, pilihlah sub menu Tabs di bagian sudut kiri bawah.

  1. Mengatur Spesifikasi di Sub Menu Tabs

Setelah melakukan langkah pertama dan kedua di atas, cara membuat daftar isi manual berikutnya adalah mengatur spesifikasi pada sub menu Tabs. Perhatikan tampilan sub menu Tabs. Di sana, terdapat berbagai pengaturan yang harus di-setting agar menghasilkan titik-titik dan nomor halaman yang letaknya teratur.

Pada bagian kanan atas, terdapat pengaturan Default Tab Stops yang umumnya sudah otomatis diatur, sehingga tidak perlu diubah lagi. Bagian pertama yang harus diatur adalah Tab Stop Position. Bagian ini terkait dengan pengaturan panjang titik-titik pada daftar isi.

Untuk itu, Anda harus menentukan panjang titik-titik tersebut yang harus disesuaikan dengan batas margin. Jangan lupa, sisakan ruang sebesar 1-2 centimeter untuk tempat penulisan nomor halaman. Bagian selanjutnya yang harus diatur adalah Alignment yaitu pengaturan letak nomor halaman. Karena nomor halaman berada di sisi paling kanan, pilihlah tombol Right.

Berikutnya adalah pengaturan Leader yang dibutuhkan untuk mengatur titik-titik. Dengan demikian, pilihlah bagian “2 …..” yang menandakan bahwa Anda memilih bentuk titik-titik tersebutlah yang berada setelah tulisan. Jika semua pengaturan tersebut sudah dilakukan, klik tombol Set dan OK. Pengaturan pun selesai.

  1. Gunakan Tombol Tab untuk Memunculkan Titik-Titik dan Nomor Halaman

Setelah pengaturan selesai dilakukan, tibalah di langkah terakhir. Anda perlu mengeksekusi hasil dari pengaturan tersebut. Caranya adalah dengan meletakkan kursor di bagian setelah tulisan pertama.

Selanjutnya, tekan tombol Tab pada keyboard komputer. Jika pengaturannya benar, maka muncullah titik-titik sampai batas tepi yang sudah ditentukan tadi. Berikutnya, tekan tombol Tab tersebut sekali lagi untuk menuliskan nomor halaman. Titik-titik dan nomor halaman pun sudah jadi dan rapi.

Demikianlah langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk membuat daftar isi secara manual. Cukup mudah, bukan? Anda dapat langsung mempraktikkannya untuk mengetahui seberapa mudahnya cara membuat daftar isi manual.