Penyebab Alarm Mobil Bunyi Sendiri

Apa penyebab alarm mobil bunyi sendiri sedangkan tidak ada sentuhan apapun? Pernahkan Anda mengalami hal ini sehingga merasa jengkel bahkan malu di depan umum?

Alarm mobil yang tiba-tiba berbunyi sendiri bisa dialami oleh siapapun dan bisa terjadi kapanpun. Selain mejengkelkan kondisi tersebut kerap menimbulkan pertanyaan, komponen bagian mana yang rusak? Apakah bisa dibetulkan sendiri atau harus ke bengkel?

Alarm mobil mempunyai peran krusial terutama untuk meminimalisir tindak kriminal. Namun begitu jika alarm berbunyi sendiri dan tidak bisa dimatikan dengan cara biasa, bukan tidak mungkin ada ‘sesuatu’ yang harus diperbaiki pada komponen tertentu.

Dirangkum dari sumber https://www.harapanrakyat.com/, mari kita cari tahu apa penyebab alarm mobil bunyi sendiri dan bagian apa saja yang harus diperbaiki.

Kerusakan pada Komponen Alarm

Komponen alarm rusak diluar waktu yang diprediksi kemungkinan besar disebabkan kurangnya perawatan. Hal ini berpengaruh pada performanya sehingga mudah terjadi konslet. Selain kurang perawatan, alarm mobil yang dipakai kurang bagus dari segi kualitas.

Ketika komponen rusak, secara otomatis alarm akan berbunyi sendiri meskipun tidak ada sentuhan. Solusinya mungkin harus ganti alarm yang kualitasnya lebih bagus dan dirawat secara optimal.

Posisi Pintu Mobil Terbuka

Pintu mobil yang dibiarkan terbuka juga menjadi salah satu penyebab alarm mobil bunyi sendiri. Ketika pintu terbuka atau tidak tertutup dengan sempurna, maka sensor alarm akan mendeteksi sinyal pada sistem keamanan secara otomatis.

Hal itu juga yang menyebabkan alarm mobil bunyi terus ketika dikunci. Untuk mengantisipasinya biasakan mengecek pintu sebelum meninggalkan mobil. Pastikan tertutup secara sempurna.

Selain itu disarankan juga untuk mengubah posisi switch lampu plafon ke posisi door mobil. Dengan posisi tersebut maka pemilik mobil dapat dengan mudah mengecek apakah pintu sudah tertutup rapat ataubelum.

Lampu plafon akan terus menyala jika pintu mobil belum tertutup rapat. Demikian juga sebaliknya, lampu akan mati jika pintu mobil tertutup dengan sempurna.

Modul Alarm terlalu Peka

Sensitivitas modul alarm mobil akan sangat mempengaruhi kinerja alarm itu sendiri. Dari kepekaan modul itulah kemudian menyebabkan alarm mobil berbunyi sendiri. Pada kondisi tersebut modul alarm mendeteksi dan menangkap getaran di sekitar mobil sehingga langsung berbunyi.

Alarm secara otomatis menangkap sensor sinyal getaran seperti suara atau gerakan, bahkan mobil lain yang lewat di sekitar lokasi. Hal tersebut disebabkan modul alarm mobil yang terlalu peka sehingga getaran sekecil apapun akan ditangkap untuk kemudian divisualisasikan dalam bentuk suara peringatan.

Sensor Pintu Terlalu Peka

Selain sensor modul alarm, kepekaan sensor pintu kadang juga menjadi penyebab alarm mobil bunyi sendiri. Biasanya hal itu terjadi ketika membuka pintu tidak menggunakan remote control.

Harus dipahami bahwa remote control terkoneksi dengan beberapa bagian mobil seperti switch pintu mobil, kap mesin, dan bagasi. Dalam kondisi normal cara mematikan alarm cukup dengan menekan tombol off.

Kendati demikian, tidak semua jenis mobil mempunyai fitur tersebut, contohnya mobil standar Avanza. Jika mobil tidak dilengkapi fitur yang disebutkan tadi maka salah satu cara mematikan alarm mobil yang bunyi sendiri yaitu dengan melepas sekering alarm atau bisa juga dengan melepas aki-nya.

Sensor Kap Mesin Rusak

Seperti yang disebutkan sebelumnya, remote control alarm terintegrasi dengan bagian mobil lain termasuk kap mesin. Ketika sensor kap rusak maka alarm akan berbunyi dengan sendirinya. Bahkan sensor alarm bagian ini setidaknya bisa mengeluarkan bunyi 3 kali berturut-turut.

Cara mengatasinya yaitu dengan membuka kap depan di area mesin kemudian tutup kembali. Selanjutnya press tombol gembok pada remote control. Jika bunyi alarm masih membandel silakan cek sensor kap pintu mesin yang biasanya ada dibawah kap mesin.

Baterai Central Lock Habis

Kelalaian pengecekan baterai central lock juga menjadi penyebab alarm mobil bunyi sendiri. Ketika baterai central lock habis maka mau tak mau membuka pintu pun harus dilakukan secara manual.

Untuk menhindari alarm berbunyi terus akibat daya central lock yang habis, lakukan pengecekan baterai secara rutin.

Selain beberapa hal diatas, masih ada kemungkinan lain yang menjadi penyebab alarm mobil bunyi sendiri. Kenali penyebabnya sehingga langkah mengatasinya jauh lebih mudah.