Kenali Penyebab Kista Pada Remaja Sebelum Terserang

Tak hanya wanita dewasa dan lansia saja yang bisa terkena kista ovarium. Namun kista ovarium juga bisa dialami oleh remaja putri, terlebih lagi yang sudah mengalami menstruasi. Siklus menstruasi yang tidak teratur merupakan salah satu penyebab kista pada remaja yang sering terjadi. Tak hanya itu, berikut beberapa faktor penyebab timbulkan kista pada remaja.

Gangguan Siklus Menstruasi

Pada umumnya siklus menstruasi setiap wanita berbeda-beda. Namun normalnya siklus menstruasi akan berlangsung selama 21 hingga 35 hari sekali. Tahukah Anda jika siklus menstruasi yang tidak teratur juga bisa menjadi penyebab timbulnya kista pada rahim. Terutama remaja perempuan yang belum menikah dan memiliki siklus menstruasi tidak teratur.

Gagalnya Folikel Berovulasi

Penyebab kista ovarium selanjutnya yang sering terjadi pada remaja perempuan adalah folikel yang gagal berovulasi. Pada setiap wanita kantung telur atau folikel akan mengalami ovulasi setiap bulannya. Bila kantung telur yang sudah melepaskan sel telur mengalami kegagalan, maka hal ini akan menyebabkan terbentuknya kista pada wanita.

Faktor Genetik atau Keturunan

Selian beberapa poin di atas, faktor genetik atau keturunan juga bisa menjadi penyebab timbulnya kista yang sering terjadi pada remaja. Jadi bila orang tua atau keluarga Anda pernah ada yang terserang kista, maka besar kemungkinan remaja memiliki risiko terkena kista ovarium yang lebih tinggi.

Pola Makan yang Tidak Sehat

Tahukah Anda jika setiap penyakit yang muncul pada tubuh seseorang, pasti juga akan dipengaruhi oleh apa yang mereka konsumsi. Ternyata pola makan yang kurang sehat juga bisa menjadi pemicu timbulnya kista pada perempuan. Salah satunya adalah makanan cepat saji atau makanan yang mengandung pengawet juga merupakan salah satu pemicu timbulnya kista.

Kurang Mengonsumsi Makanan Berserat

Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika makanan yang tinggi serat seperti sayur dan buah-buahan tentunya sangat baik bagi kesehatan tubuh. Pasalnya jenis makanan ini terbilang cukup efektif untuk meningkatkan kadar air dan melarutkan racun dalam tubuh.

Meski demikian, faktanya sebagian besar remaja cenderung lebih suka mengonsumsi makanan cepat saji dibanding mengonsumsi sayur dan buah-buahan yang kaya akan serat. Hal ini pula yang menjadi salah satu penyebab timbulnya kista pada remaja perempuan. Jadi mulai sekarang ubahlah gaya hidup Anda dengan mengonsumsi makanan sehat.

Malas Berolahraga

Di era digital ini, sekarang semua hal dapat dilakukan dengan mudah. Kondisi ini secara perlahan mendorong remaja untuk malas bergerak dan menghabiskan sebagian besar waktunya untuk menatap layar ponsel atau komputer. Jika hal ini tidak diimbangi dengan olahraga yang rutin, risiko terserang penyakit juga akan semakin meningkat. Tak terkecuali timbulnya kista.

Saat ini penyakit kista ovarium merupakan salah satu momok mengerikan bagi setiap wanita. Sebab tak hanya orang dewasa dan orang tua saja, remaja juga bisa mengalaminya. Nah di atas merupakan beberapa penyebab kista ovarium pada remaja perempuan yang sering terjadi. Agar tak terserang, pastikan untuk mulai beralih ke gaya hidup sehat.