Kesalahan Umum dalam Menggunakan Test Pack

Mendeteksi kehamilan sejak dini memang dibutuhkan agar kesehatan janin dapat terjaga. Ketika dalam trimester pertama, nutrisi yang diperlukan merupakan kunci bagi kesehatan dan perkembangan janin nantinya. Alasan kuat inilah mengapa mendeteksi kehamilan harus dilakukan sedini mungkin. Hal paling mudah dilakukan untuk mendeteksi kehamilan adalah ketika haid tidak kunjung datang. Untuk mengetahuinya, orang-orang kebanyakan biasanya menggunakan test pack (tespek). Test pack merupakan alat yang digunakan untuk melakukan tes kehamilan di rumah. Tes kehamilan menggunakan test pack mengukur jumlah HCG (Human Chorionis Gonadotropin), yaitu hormon yang dibuat oleh sel yang membentuk plasenta di dalam urine. Jika dilakukan dengan benar, hasil test pack akan menjadi akurat sekitar 97% hingga 99%. Tetapi ada beberapa orang yang melakukan kesalahan-kesalahan sehingga hasil tespeknya tidak akurat/samar. Berikut ini adalah kesalahan umum dalam menggunakan test pack yang harus Anda hindari.

  • Melakukan tes terlalu cepat

Tespek dapat mengetahui kehamilan dengan cara mendeteksi kandungan hormon kehamilan HCG dalam urine. HCG sendiri baru diproduksi 7 hingga 14 hari setelah pembuahan. Oleh karena itu Anda bisa mendeteksi kehamilan menggunakan test pack 1 minggu setelah waktu haid Anda harusnya tiba. Misal, jika Anda seharusnya mengalami haid tanggal 7 september, maka uji kehamilan menggunakan test pack pada tanggal 14 september.

  • Tidak melakukan tes pada saat buang air kecil pertama kali

Kadar urine dalam sehari bisa berbeda-beda. Hal ini karena kadar urine dapat dipengaruhi oleh makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Kadar urine ketika Anda buang air kecil pertama kali saat bangun tidur di pagi hari merupakan urine yang mengandung kadar HCG paling tinggi.

  • Terburu-buru membaca hasil test pack

Kadangkala karena terlalu senang tidak mengalami haid dan disangka hamil, maka seorang istri langsung melihat hasil ketika usai menggunakan test pack. Hal ini bisa mempengaruhi hasil. Karena biasanya ada beberapa alat yang membutuhkan beberapa menit untuk menunjukkan hasil yang benar.

  • Tidak memeriksakan lebih lanjut

Jika hasil test pack negatif padahal tidak kunjung menstruasi, Anda harus segera menindak lanjuti hal ini dengan memeriksakan diri ke dokter kandungan untuk hasil yang jelas. Apakah benar And hamil atau ada gangguan kesehatan pada tubuh Anda.

Itulah dia beberapa kesalahan yang bisa membuat hasil tespek menjadi tidak akurat. Cari tahu cara menghindari hasil tespek samar dengan benar agar terhindar dari keadaan yang tidak diinginkan. Semoga bermanfaat.