Kriteria Mendasar Menentukan Penyedia Colocation Server

Untuk peningkatan sistem IT perusahaan, terutama dengan keamanan yang cenderung terjaga dengan baik, maka colocation server adalah pilihan yang tepat. Secara singkat, colocation server bisa diartikan sebagai sebuah fasilitas yang tersedia untuk menempatkan fisik server dan perangkat jaringan pada data center.

Penggunaan layanan ini selain untuk mengembangkan sistem IT yang lebih baik, juga berfungsi untuk menghemat biaya investasi perusahaan. Ya, dengan adanya colocation server, maka Anda tidak perlu membuat ruang server sendiri untuk memenuhi kebutuhan serta operasional sistem IT pada perusahaan.

Saat ini pula, ada cukup banyak penyedia colocation server yang menawarkan beragam layanan pengurusan server. Namun, tentu saja, demi kepuasan dan layanan yang maksimal, Anda harus selektif dalam memilih penyedia tersebut.

Ragam Kriteria Mendasar Memilih Penyedia Colocation Server

Ada beberapa kriteria yang cukup mendasar di mana bisa membantu Anda menemukan penyedia colocation server dengan tepat. Beberapa kriteria tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Lokasi gedung yang aman dari kerusuhan dan bencana alam

Konsep mendasar dari colocation server adalah penitipan server di data center yang aman dan bisa melakukan manajemen yang lebih baik. Oleh karenanya, lokasi penyedia menjadi hal yang sangat penting untuk dipertimbangkan.

Dalam hal ini, perusahaan sebaiknya memiliki penyedia colocation server yang memiliki gedung yang terletak jauh dari risiko terjadinya kerusuhan maupun bencana alam. Kerusakan yang terjadi pada gedung tersebut mungkin saja akan berpengaruh pada keselamatan server.

  • Rahasia server terjamin

Salah satu tantangan dari colocation server adalah kerahasiaan server. Hal ini tentu saja beralasan karena server berada di pihak yang berbeda dengan perusahaan. Oleh karenanya, ada risiko data yang dicuri ataupun bermasalah lainnya.

Oleh karenanya, pilih penyedia colocation server yang menjamin tentang rahasia server. Perlu diketahui, ada standard internasional ISO 27001 yang seharusnya diterapkan penyedia colocation server untuk jaminan keamanan server. Nah, pastikan jika penyedia yang Anda pilih menjalankan standard tersebut.

  • Tersedianya air temperature control

Penyedia colocation server yang baik adalah mereka yang memiliki air temperature control atau kontrol terkait suhu ruangan. Hal ini penting karena server memerlukan pendingin agar bisa bekerja dengan optimal. Tanpa adanya pendingin ruangan yang memadai, bisa jadi server akan mengalami overheating.

  • Koneksi jaringan yang stabil

Koneksi jaringan adalah perkara yang sangat penting terkait colocation server. Ya, untuk akses yang memadai, maka diperlukan koneksi jaringan yang stabil. Anda sebaiknya mengecek bagaimana koneksi jaringan dari penyedia colocation server tersebut sebelum bermitra.

Beberapa kriteria di atas bisa menjadi pertimbangan saat hendak bermitra dengan penyedia colocation server. Sebagai tambahan, penyedia colocation server sebaiknya memiliki tower listrik yang memadai dan memiliki ruangan yang aman dari kebakaran. Nah, untuk rekomendasi penyedia layanan colocation server yang sesuai kriteria di atas, Anda bisa mengklik laman www.neucentrix.co.id.