Seputar Jerawat di Hidung, Penyebab Hingga Cara Mengobati

Kesal karena muncul jerawat di hidung? Jerawat yang berada di area hidung kerap menimbulkan rasa tidak nyaman dan juga mengganggu penampilan. Selain itu, jerawat di area hidung dapat menimbulkan rasa nyeri dan perlu diatasi dengan segera. Pasalnya jika tidak segera diobati, kuman yang bersarang di dalam hidung dapat menyebar ke otak.

Jerawat memang dapat tumbuh di mana saja, tak hanya di area wajah namun juga di area tubuh. Penyebab jerawat pun beragam, bahkan orang yang memiliki kulit kering pun juga tak luput dari serangan jerawat. Lantas apa sebenarnya penyebab jerawat di area hidung?

Apa Penyebab Jerawat di Hidung?

Jerawat yang muncul di dalam hidung dapat menjadi sebuah pertanda infeksi hidung. Infeksi hidung dapat terjadi karena kebiasaan yang kurang bersih, seperti terlalu sering mengupil hingga membuang cairan hidung dengan keras.

Selain itu, jerawat di dalam hidung juga dapat disebabkan karena pori-pori yang tersumbat dengan sel-sel kulit mati yang menumpuk serta minyak berlebih. Terlebih pada orang dewasa, karena area T zone orang dewasa cenderung mudah berjerawat. Area T zone sendiri meliputi dahi, hidung, dan dagu.

Orang yang kekebalan imunnya kurang bagus serta orang dengan diabetes juga rentan mengalami jerawat di hidung. Tak hanya itu, jerawat yang muncul di dalam hidung juga dapat terjadi karena adanya rambut hidung yang tumbuh ke dalam.

Bagaimana Cara Mengobati Jerawat di Hidung?

Jerawat biasa umumnya akan hilang dengan sendirinya dalam waktu beberapa minggu. Namun lain halnya jika jerawat karena infeksi, dokter tentu akan melihat keparahan kondisi jerawat. Berikut ini obat jerawat yang bisa Anda coba, diantaranya

  1. Menggunakan Antibiotik

Jika jerawat terjadi karena infeksi bakteri, umumnya dapat diobati dengan antibiotik. Antibiotik yang dimaksud adalah salep antibiotik seperti mupirocin atau bacitracin.

  1. Menggunakan Obat Jerawat

Selain salep antibiotik, Anda juga dapat menggunakan obat jerawat yang mengandung benzoil peroksida untuk membunuh bakteri penyebab jerawat. Namun ada baiknya Anda berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum menggunakan obat jerawat.

  1. Mengompres Hidung

Kompres hidung dengan air hangat sebanyak tiga kali sehari selama satu hingga dua menit. Mengompres hidung dengan air hangat rupanya dapat membantu mengurangi rasa nyeri akibat jerawat.

  1. Menggunakan Jus Lemon

Anda juga dapat menggunakan jus lemon untuk menghilangkan jerawat di hidung. Teteskan beberapa tetes jus lemon di atas kapas, lalu tempelkan pada hidung yang berjerawat. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih.

Cegah Jerawat Datang Kembali Dengan Ini

Selain mengobati, ada baiknya Anda juga mencegah jerawat di area hidung datang kembali. Caranya, dengan mencuci wajah menggunakan pembersih dua kali sehari terlebih setelah Anda bepergian dan beraktivitas di luar rumah. Lindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari, dan jagalah kulit wajah agar selalu terhidrasi dengan menggunakan pelembap.

Itulah ulasan mengenai jerawat di hidung mulai dari penyebab hingga cara mengobatinya. Semoga informasi ini bermanfaat.