Telinga Kucing Jamuran

Kucing merupakan salah satu jenis hewan peliharaan yang cukup populer di Indonesia. Anda dapat dengan mudah menjumpai kucing di mana saja. Namun saking banyak jumlahnya, banyak pula penyakit yang bisa menyerang kucing meski sudah dirawat dengan baik. Salah satunya telinga kucing jamuran. Ini dia beberapa cara mudah mengatasinya.

  1. Mengkarantina Kucing

Bila Anda mendeteksi adanya jamur pada tubuh kucing, pastikan untuk segera memisahkan kucing tersebut dengan kucing lainnya dengan cara mengkarantina di kandang khusus. Pasalnya jamur ini dapat menulari kucing lainnya. Pastikan untuk menghindari kontak langsung dengan kucing lainnya dan jangan lupa pisahkan peralatan yang digunakannya.

  1. Rutin Memandikan Kucing

Selian mengkarantina, cara lain yang bisa Anda lakukan adalah rutin memandikan kucing untuk menghentikan ataupun mengurangi jamur yang ada sehingga tak ada lagi bibit yang berkembang. Anda juga bisa memandikannya menggunakan shampo khusus kucing yang bisa dengan mudah didapatkan di toko hewan peliharaan terdekat.

  1. Jangan Lupa Keringkan Kucing

Memandikan kucing memang merupakan hal yang esensial. Meski demikian jangan lupa untuk melakukan pengeringan pada kucing. Jangan biarkan ada daerah yang lembap, sebab hal ini akan memicu jamur untuk berkembang lebih produktif. Jadi pastikan kucing kering dengan sempurna ya. Anda juga bisa menambahkan waktu 15 menit untuk proses pengeringannya.

  1. Gunakan Salep atau Krim Khusus Kucing

Krim atau salep yang mengandung sulfur dapat membantu mengobati jamur pada kucing. Sulfur akan membuat jamur enggan untuk tubuh karena kandungan bahan aktif di dalamnya. Selian itu betadine juga bisa Anda gunakan untuk membantu mengobati jamur yang masih ringan. Jika ingin lebih praktis Anda juga bisa menggunakan spray jamur yang lebih mudah digunakan.

  1. Cuci dan Rendam Peralatan yang Digunakan

Barang apa saja yang berada di sekitar kucing dan sudah terkontaminasi dengan jamur juga harus dicuci dan direndam dengan bersih. Anda bisa merendamnya menggunakan desinfektan. Disinfektan bermanfaat untuk mematikan jamur dan kuman yang hinggap agar tidak ada inang yang menjadi tempat tumbuhnya.

  1. Bersihkan Kandang Kucing

Hal penting lainnya yang perlu Anda lakukan adalah membersihkan kandang kucing. Kandang merupakan tempat yang paling rawan untuk perkembangan jamur. Selian rutin membersihkan kandang, pastikan untuk tidak menempatkan kandang kucing pada lembap. Tempatkan kandang kucing di area yang kering, ventilasi yang cukup, dan terkena sinar matahari.

Sedangkan untuk pembersihannya Anda bisa membersihkannya menggunakan vacum cleaner agar bulu dab serpihan kulit keringnya tidak menyebar ke area lain. Selain itu jangan lupa untuk menyemprotnya menggunakan desinfektan.

Itu dia beberapa cara mudah mengobati telinga kucing jamuran. Selian menerapkan beberapa cara di atas jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan kucing kesayangan Anda agar tidak mudah ditumbuhkan jamur.