Tips Aman Ketika Online di Media Sosial

Internet tidak diragukan lagi adalah salah satu sumber daya terbaik yang tersedia bagi kita. Sayangnya, ini juga sangat berbahaya jika anda tidak mengetahui siapa dan apa yang bersembunyi di balik layar.

Setiap orang harus tahu bagaimana agar aman saat menjelajahi web, tetapi tip dan trik keamanan internet tersebar di seluruh web tanpa sumber daya masuk. Karena mayoritas korban penipuan dan virus internet adalah pelajar dan kaum muda, berikut beberapa tips Online di Media Sosial yang bisa anda lakukan!

Berinteraksi dengan Teman Lama dan Baru

Jika anda berkumpul dengan seseorang yang pertama kali anda temui secara online, adakan pertemuan pertama di tempat umum. Ketahui cara melaporkan pelecehan atau memblokir siapapun yang mengganggu anda dan orang lain di media sosial. Untuk berita terbaru facebook, lihat di membobol akun facebook.

Berhati-hatilah sebelum membagikan foto intim dengan siapapun, bahkan dengan orang yang anda percaya. Seorang teman bisa menjadi mantan teman dan begitu sebuah gambar online, mungkin tidak mungkin untuk menghapusnya. Untuk lebih lanjut, lihat saran kami tentang sexting, pemerkosaan, dan porno balas dendam.

Keamanan dan Kata Sandi

Gunakan kata sandi yang kuat dan unik. Jangan mengklik link dalam email secara otomatis. Mereka bisa saja palsu dan mengarahkan anda ke situs berbahaya. Ketik alamat web anda sendiri. Jika ragu hubungi bank atau perusahaan lain yang mengirimi anda email tersebut.

Pastikan Ponsel Anda Terkunci

Amankan smartphone anda dengan PIN (minimal 4 digit angka), kata sandi, sidik jari atau cara lain. Jangan menanggapi siapa pun yang memberi tahu anda bahwa komputer anda terinfeksi virus meskipun mereka mengklaim bahwa mereka menggunakan Microsoft, Apple, atau penyedia internet anda.

Hanya Berbelanja di Pedagang Online Terkemuka

Jika ragu, tanyakan sekitar. Jangan pernah mengirim uang tunai atau uang kawat, Gunakan kartu kredit jika memungkinkan, jika tidak kartu debit atau layanan pembayaran yang sah seperti Paypal. Saat berbelanja atau perbankan, cari situs aman tempat alamat webnya dimulai dengan HTTPS. Huruf “s” berarti “aman.

Apa Saja Tips Aman Ketika Online di Media Sosial?

Kiat Keamanan Media Sosial

Pelajari cara menggunakan setiap layanan atau pengaturan privasi aplikasi. Jangan biarkan teman atau orang asing menekan anda untuk menjadi orang lain. Dan ketahuilah batasanmu. anda mungkin paham internet, tetapi orang dan hubungan berubah dan hal-hal tak terduga bisa terjadi di internet.

Pikirkan Tentang Apa yang Anda Posting

Berbagi foto provokatif atau detail intim secara online, bahkan dalam email pribadi, dapat menimbulkan masalah bagi anda di kemudian hari. Bahkan orang yang anda anggap teman dapat menggunakan info ini untuk melawan anda, terutama jika mereka menjadi mantan teman. Untuk berita terbaru facebook, lihat di kode akun Facebook palsu.

Hindari Pertemuan Tatap Muka

Satu-satunya cara seseorang dapat menyakiti anda secara fisik adalah jika anda berdua berada di lokasi yang sama, jadi, agar 100% aman, jangan bertemu mereka secara langsung. Jika anda benar-benar harus berkumpul dengan seseorang yang anda “temui” secara Online di Media Sosial, jangan pergi sendiri. Adakan pertemuan di tempat umum, beri tahu orang tua atau bantuan lain yang solid dan ajak beberapa teman.