Tips Mudah Mengatasi Biduran Pada Anak

Ketika masih bayi, kondisi kulitnya belum terlalu maksimal dalam pembentukannya. Hal ini berbeda dengan orang dewasa yang sudah adaptasi dan lebih tebal. Pada kulit si kecil akan lebih mudah iritasi dan lebih sensitif. Beberapa hal yang sering terjadi adalah terjadi biduran pada anak dan membuat si kecil terasa gatal dan tidak nyaman.

Ada beberapa penyebab terjadinya biduran, biasanya beberapa faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi adalah adanya infeksi, serangan lebah, digigit serangga. Dalam dunia medis hal ini dikenal sebagai urtikaria yang bisa hilang dengan sendirinya. Lantas, meskipun begitu bagaimana untuk mengatasinya agar biduran cepat pergi?simak ulasannya.

Cara Mengatasi Biduran

Pada proses ini untuk membantu menyembuhkan pada anak agar cepat sembuh dan tidak lagi menginfeksi si kecil. Ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan, berikut ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu :

1. Hindari Alergen

Salah satu zat yang menyebabkan biduran adalah alergen, hal ini bisa saja terjadi pada beberapa produk yang ada. Cara pertama yang harus dilakukan adalah untuk menjauhkan zat atau barang tersebut jauh dari anak Anda dan pastikan ketika mengalami biduran usahakan untuk langsung terkena sinar matahari. Jauhkan dari tempat yang minim udara dan lembab.

Cara lainnya yang harus dilakukan ketika anak Anda mengalaminya, karena suhu yang panas dapat membawanya ke tempat sejuk, pilih baju yang longgar, dan jika terkena sengatan serangga atau hal lainnya langsung membersihkannya dengan sabun dan air mengalir.

2. Mengobati Rasa Gatal

Ketika biduran membuat anak Anda merasa tidak nyaman dan sering menggaruknya, hal yang harus dilakukan adalah dengan cepat harus meringankan gejala tersebut. Ada beberapa cara untuk dapat melakukan dan mengatasinya, Anda dapat dengan mengoleskan lotion calamine dan pastikan anak Anda mengenakan pakaian yang longgar.

Dalam tahap ini memang harus segera melakukan pengobatan dan jangan sampai dibiarkan saja, karena jika anak sudah tidak tertahan akan sering menggaruk dan menyebabkan infeksi. Hal ini perlu dihindari dan perlu melakukan pengobatan pertama agar gejala tersebut bisa mereda dan sembuh.

3. Berikan Antihistamin

Salah satu cara untuk mengatasi biduran dapat dengan memberikan obat antihistamin, dalam tahap ini Anda harus memperhatikan kandungan dan dosisnya. Sebelum memberikan pada anak, lebih baik untuk konsultasikan pada dokter terlebih dahulu. Untuk melakukannya dapat dengan melihat dari umur dan berat badan pada si kecil.

4. Lihat Perkembangannya

Apabila biduran menyebabkan sesak nafas, muntah, dan beberapa gejala yang buruk lainnya. Lebih baik untuk segera melakukan tindakan lanjutan dan langsung segera ke pusat klinik atau rumah sakit terdekat untuk proses pengobatan dan penyembuhannya.

Demikianlah ulasan lengkap mengenai mengatasi biduran, semoga hal ini bermanfaat untuk yang baru melangsungkan pernikahan & seks ketika mempunyai anak nanti.